Masturbasi Tingkatkan Resiko Kanker

Kutipan dari koran, semoga bermnafaat :)

Masturbasi Tingkatkan Resiko Kanker


Banyak pria menyalurkan hasrat seksualnya dengan masturbasi. Namun, sebuah studi menyebutkan, para pria yang aktif secara seksual pada usia 20-30 tahun, khususnya jika sering masturbasi, beresiko terkena kanker prostate pada kemudian hari.

Menurut Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit (CDC), kanker prostat merupakan penyebab kematian karena kanker nomor dua pada pria di Amerika Serikat setelah kanker paru-paru. Sekitar 30.000 penderita meninggal tiap tahun. Beberapa faktor resiko lain kanker prostat antara lain genetik dan kelainan hormon.

Studi yang dilakukan Universitas Nottingham itu melihat praktik seksual pada lebih dari 431 pria yang didiagnosis terkena kankker prostat sebelum berusia 60 tahun dbandingkan dengan 400 pria yang tidak terkena kanker prostat.

diantara penderita kanker prostat, 34 persen sering masturbasi saat usia 20-an tahun dibandingkan dengan 24 persen pada kelompok pengontrol. Hasil studi dimuat dalam The British Journal of Urology, baru-baru ini.

Studi itu juga menunjukkan, aktivitas seksual secara rutin pada pria usia 40-an tahun memiliki efek kecil. Adapun semua aktivitas seksual para pria usia 50-an tahun, terutama masturbasi, meski level kecil bisa memberi perlindungan dari penyakit itu.

“Hal ini disebabkan pelepasan selama beraktivitas seksual bisa mengurangi risiko berkembangnya kanker pada wilayah prostat,“ kata Polyxeni Dimitropoulou yang memimpin studi itu. Akan tetapi, hal itu perlu studi lebih lanjut.

“Hormon berperan kunci dalam kanker prostat. Karena itu, terapi untuk mengurangi hormon pemicu sel kanker biasa diberikan kepada pria,” kata Dimitropoulou. Dorongan seksual mengatur kadar hormon pria, karena itu hasrat seksual tinggi mempengaruhi risiko kanker prostat.

Selain itu, 59 persen dari para pria pada dua kelompok itu berhubungan intim atau masturbasi sebanyak lebih dari 12 kali dalam sebulan saat berusia 20 tahun. Angka ini menurun dengan bertambahnya usia, yaitu 48 persen saat berusia 30-an tahun, 28 persen saat mereka 40-an dan 13 persen ketika usia 50-an tahun.

Sebanyak 39 persen dari kelompok pria dengan kanker prostat punya enam pasang atau lebih dibandingkan 31 persen pada kelompok pembanding.

Sumber: Harian Kompas, Kamis, 28 Januari, hal 13
Posted 17 Februari 2009

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tembusan dari forum GPI

Tentang Pelaut yang Rindu Pulang

MAMPUKAH KITA MENCINTAI TANPA SYARAT.